Arya Hudaraja Aku tidak tahu apa-apa

Grup Whatsapp 18 Indonesia : Kenapa Manusia Suka Gituan?

2 min read

Membahas tentang grup whatsapp 18 Indonesia, saya merasa harus menyangkutpautkannya dengan alasan kenapa manusia suka pada hal-hal yang berbau negatif dan gituan. Karena pada dasarnya, ‘suka gituan’ inilah yang menjadi alasan kenapa banyak orang cari grup whatsapp 18 Indonesia…

Nah, kali ini saya akan membahas hal itu. Membahas kenapa manusia suka gituan, kenapa suka cari-cari konten 18 yang pada dasarnya tidak memiliki manfaat sama sekali.

Penciptaan Hawa Napsu

Allah menciptakan manusia untuk beribadah. Seperti pada dalil:

“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka menyembah-Ku”.

(QS. Adz-Dzariyat: 56)

Namun dalam proses menyembah (dalam artian mencapai taqwa), tentu tidak akan berjalan dengan mulus-mulus saja. Maka dari itu, harus ada objek pengganggu yang menguji perjuangan manusia. Termasuk hawa nafsu (sub: berahi).

Jadi, pada dasarnya alasan kenapa manusia suka gituan adalah karena nafsu b1rahi. Nafsu inilah yang menjadi sebab manusia terdorong untuk melakukan banyak hal, seperti: mencari grup whatsapp 18 indonesia.

Fatamorgana Dunia

Kenapa manusia suka cari-cari hal yang berbau n4psu? Salah satu alasannya adalah karena manusia terlena dengan fatamorgana dunia. Fatamorgana ini artinya kebahagiaan dan kegembiraan yang menipu.

Hal-hal yang berbau nafsu b1rahi adalah satu hal yang termasuk fatamorgana dunia. Semua nampak terlihat menyenangkan, membahagiakan, dan menarik hati. Padahal di balik itu semua ada satu hal yang bisa merugikan anda sendiri.

Kenapa orang bisa terpedaya dengan fatamorgana dunia?

Karena struktur otak manusia memang sengaja diciptakan demikian. Otak yang rapuh dan cacat dalam menginterpretasikan sesuatu. Meski manusia rata-rata suka pada konten negatif (yang berbau n4psu), mereka tidak tahu di balik itu semua ada:

  • Dosa yang nyata
  • Habisnya waktu yang bisa digunakan untuk produktif
  • Kesehatan mental dan intelektual terancam
  • Menjadi satu bekas aib yang mengancam citra diri

Logis saja, jika anda nonton konten negatif, terus ketahuan orang, maka citra anda akan hancur. Misal nih, anda adalah ustadz, terus kok ketahuan nonton film bluu, maka ya pasti gelar ustadz anda bakalan tercoreng.

Meski sudah tahu ada kemungkinan buruk seperti itu, tetap saja yang namanya manusia akan tetap mencari-cari konten negatif di internet seperti grup Whatsapp 18 Indonesia.

Ketagihan Konten Negatif

Tidak ada yang menyangkal, semua konten negatif memiliki sifat candu. Entah itu hoax, scam, konten kesengsaraan orang lain, dan termasuk konten b3rahi. Semua konten negatif itu membuat orang ketagihan.

Prosesnya juga sangat simpel:

  1. Tertarik dan Lihat
  2. Merasakan sensasi awal
  3. Terpaut mengikuti trend konten
  4. Otak mengkonfigurasikan kenyamanan
  5. Fase membutuhkan
  6. Ketagihan

Ya, semua konten negatif merusak dalam otak manusia dengan alur seperti di atas. Jadi, kenapa orang suka nonton konten berbau b3rahi?

Ya salah satu sebabnya adalah karena mereka sudah masuk ke lembah jurang ketagihan. Sudah kadung dan sulit untuk disembuhkan.

Membutuhkan Objek Pelampiasan Stress

Ketika seorang manusia stress, maka dia akan mencari pelampiasan. Di era modern ini, salah satu pelampiasannya adalah dengan mencari konten negatif. Konten yang bisa membangkitkan hormon dopamin agar membanjiri otak.

Karena hormon kebahagiaan itulah, stress manusia akan hilang. Meski pada dasarnya, stress itu tidak hilang. Hanya bertumpuk saja dan akhirnya akan kembali lagi ketika semua kebahagiaan sejenak itu hilang. Maka dari itu, ketika anda stress jangan cari konten negatif untuk menghibur otak anda.

Tidak hanya itu, seseorang mencari konten gituan sering kali gara-gara memang butuh. Sehingga nggak heran jika banyak orang mencari grup vcs WA untuk mencari wanita sewaan yang memiliki harga mudah dengan fasilitas yang lengkap.

Cara Menghindari Konten Negatif

Nah, agar anda selamat dari penggunaan internet yang salah, saya punya beberapa tips yang bisa anda coba. Tips ini boleh saja anda terapkan agar tidak salah niat dalam berselancar di dunia modern.

1. Perbaiki Niat

“Orang suka karena biasa”

Awalnya nggak suka youtuban, karena terlalu sering, akhirnya bisa ketagihan. Bahkan tidak bisa hidup tanpa youtube. Termasuk konten negatif yang ada di internet.

Jika anda membiasakan diri mencari-cari konten negatif, maka taraf itu bakal terus bertambah dan anda tidak akan puas dengan keekstriman konten yang pertama.

Maka dari itu, perbaiki niat anda ketika berselancar di internet.

2. Perbaiki Kebiasaan Gabut Anda

Orang nggak punya kerjaan, rata-rata pasti akan cari kerjaan. Apalagi gabut, kok di sampingnya ada smartphone dan internet. Wuh, pasti anda akan mencari hal-hal yang aneh-aneh di internet.

Maka dari itu, agar anda tidak terjun di jurang konten negatif, perbaiki kebiasaan gabut anda. Kalau gabut, ya mending cari kegiatan offline yang positif. Jangan malah scroll internet.

3. Ingat Tuhan Aja

Tips yang terakhir adalah “Ingat tuhan!”

Ketika anda ingat tuhan, maka ingat azab, ingat balasan, ingat dosa pahala, dan akhirnya ingat mati dan neraka. Motivasi itu tentu harusnya bisa menghalau diri anda mencari konten-konten negatif seperti grup telegram BO atau grup vcs WA.

Tuhan maha melihat, apapun yang anda lakukan semua tercatat dengan rapi dan detail.

Sudah dulu saja lah bahasan nggak jelas ini (bingung bahas apa soalnya). Grup Whatsapp 18 Indonesia memang ada, isinya pasti konten buruk yang berkesan negatif dan berbau n4psu. Maka dari itu, jadilah netizen yang baik dan biasakan diri untuk melihat hal-hal yang baik. Ya nggak?…

Salam dari sahabatmu…

Arya Hudaraja
Arya Hudaraja Aku tidak tahu apa-apa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *