Arya Hudaraja Aku tidak tahu apa-apa

Logo HUT-RI Ke-75 : Download, Makna, dan Interpretasi

2 min read

logo hut ri-75

Indonesia adalah negara yang yang pernah dijajah, sehingga pernah juga merdeka, yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada tanggal itulah, rakyat Indonesia memperingati hari kemerdekaan. Termasuk dengan cara membuat logo HUT-RI ke-75.

Dari tahun ke tahun, logo itu berbeda-beda. Setiap logo memiliki makna tersendiri. Mungkin disangkutkan dengan semboyan kabinet atau fokus kerja kabinet yang sedang bekerja.

Nah, sebagai rakyat, boleh dong kalau saya memberikan sedikit komentar tentang logo HUT-RI ke-75 ini.

Makna di Balik Logo HUT-RI ke-75

Inilah makna di balik logo HUT-RI ke-75. Sebuah logo yang sederhana namun memiliki makna yang mendalam. Secara ringkas, makna dari logo ini adalah: “Kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi.”

Makna Angka 7

Bentuk kepala dari angka 7 itu lurus, dimaksudkan adalah fokus kerja untuk menuju kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lengkungan badan dari angka 7 itu, adalah bukti kerja yang dijalankan harus dinamis dan menyesuaikan dengan pertumbuhan zaman.

Kemerdekaan RI adalah bentuk suka cita, peringatan yang membuat kita semangat kembali untuk membangun indonesia.

Makna Angka 5

Tentu, makna angka 5 adalah pancasila, artinya semua kerja yang dilaksanakan secara dinamis dan fokus itu harus berlandaskan pancasila. Karena percuma, kalau bangsa ini terus kerja, tapi tidak berlandaskan pada pancasila tersebut.

Hut ke-75 negara Indonesia adalah bentuk perayaan yang mengingatkan kita agar kembali berpedoman pada pancasila sebagai dasar pergerakan, perkembangan, dan pembangunan negara.

HUT ke-75 kemerdekaan Indonesia harus dijadikan pengingat bagi kita akan perjuangan keras para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

Warna Simbol

Untuk warnanya sudah jelas, yaitu merah dan putih. Bentuk penghormatan kepada bendera kita. Sebuah bendera hasil perjuangan rakyat Indonesia merebut kemerdekaan.

Merah artinya berani, putih artinya suci. Keberanian yang dibalut dengan kesucian, menciptakan langkah gerak yang dinamis dan konstruktif untuk kesejahteraan bangsa Indonesia.

Nah itulah makna dari simbol hut ke-75 kemerdekaan Indonesia. Sekarang, kamu bisa baca bagaimana interpretasi saya terhadap simbol yang dibuat oleh pemerintah Indonesia itu.

Interpretasi Logo dari Saya

Apapun kalau dibuat idealis memang hasilnya akan sangat memuaskan. Termasuk logo yang satu ini. Maknanya tentu saja keren…

Ketika kita melakukan upacara bendera, kita terus mengucapkan pancasila, menghormat pada bendera, tapi apa hati kita sampai?

Tidak. Semua hanya nampak terlihat saja. Tidak semua rakyat Indonesia benar-benar hikmat ingin merasakan indahnya sebuah kemerdekaan.

Tidak semua hal bisa diartikan secara idealis, apalagi sudah menyangkut masalah problematika sosial masyarakat.

Saya pernah mendiskusikan logo hari ulang tahun ke-75 Indonesia ini dengan teman saya. Hasilnya apa?

“Apa presiden nggak punya uang untuk bayar desainer logo yang keren sih?”

Ya itulah pertanyaan dari temen saya. Dia merasa logo yang dibuat itu kurang elegan. Bayangkan, logo ini adalah simbol spesial ulang tahun ke-75 kemerdekaan Indonesia, tapi kok kenapa, terasa biasa saja.

Bahkan banyak logo di Internet yang berseliweran dan lebih bagus dari logo itu.

Tentang Makna

Kalau tentang makna, sebenarnya bisa dikatakan kalau bentuk apapun bisa dibuat-buat sehingga bisa terlihat nyambung. Sebut saja, ilmu cocokologi.

Hut RI ke-75 seharusnya menjadi momen yang spesial, maka makna dari simbol itu harusnya lebih natural dan tidak terlalu disambung-sambungkan.

Apalagi kita sudah ada motto, “Indonesia Maju” ya mungkin harus ada simbolisasi desain yang memberikan isyarat maju.

Formalitas Ajah!

Menurut saya, desain logo yang sederhana dan maknanya nampak terlalu dihubung-hubungkan itu disebabkan karena formalitas. Ya, dibuat hanya untuk memperingati aja. Belum ada niat ikhlas dalam hati paling dalam pemerintah Indonesia.

Kalau nuruti formalitas, kapan bagusnya? Ya sesekali logo hut RI itu bagus, tapi kebanyakan menurut saya dan teman saya kurang.

Kenapa Nggak Gini Aja

Saya kan orang awam, logo HUT RI ke 75 juga dibuat oleh pemerintah. Saya tidak melihat adanya proses melibatkan rakyat dalam pembuatan logo itu. Mending dibuat kompetisi logo dan makna.

Diberi sebuah tema resmi dari pemerintah, terus orang-orang biar ngirim.Pasti bakalan banyak yang ngirim, terutama pegiat desain grafis. Hadiahnya jangan besar-besar nggak masalah, toh ini untuk peringatan hari ulang tahun negara sendiri.

Ya mungkin kurang efektif bagi pemerintah, tapi ini kan cuma saran. Itupun kalau ada yang baca, wkwkwk….

Tulisan ini hanya pendapat penulis dan tidak ada unsur menghina ataupun menjelek-jelekkan. Hanya mencoba untuk mengungkapkan pendapat.

Download Logo Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia

Download logo HUT-RI ke-75 Cdr, Png, Psd

link lengkap dari sumber [KLIK]

Arya Hudaraja
Arya Hudaraja Aku tidak tahu apa-apa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *