Arya Hudaraja Aku tidak tahu apa-apa

Kamu yang Mana? 7 Jenis Netizen Twitter

2 min read

jenis netizen twitter

Sebagai salah satu dari 10 media sosial yang paling populer, Twitter memang menjanjikan fitur asyik yang beda dari medsos lainnya. Kamu bisa upload gambar, video, atau sekedar tulisan yang fokus, sehingga bisa dikomentari oleh banyak orang.

Namun, pernah nggak kamu cari tahu seperti apa aja sih netizen yang ada di Twitter?

Nah, kali ini saya bakalan bahas tentang 7 jenis netizen yang menghuni Twitter. Jadi, nggak sudah lama-lama, check this up!

Netizen Stalking

Kita masuk di jenis pertama. Orang yang buka twitter hanya untuk mencari melihat-lihat (mungkin di dunia nyata nggak punya kerjaan kali ya…)

Kaum jenis ini tidak memiliki motivasi buka twitter selain melihat akun orang, official akun artis, dan akun-akun sejenis. Nggak tahu juga buat apa.

Setelah lelah, tutup aplikasi ganti Instagram. Di Instagram pun, dia juga hanya scroll akun-akun orang-orang terkenal. Gaya-gaya netizen ini sering bilang, “Gua Insecure”

Netizen Kepo Moment

Jenis warganet twitter yang hanya buka ketika ada hal-hal yang viral. Misal lihat di televisi ada prostitusi online. Kalau nggak gitu, nggak sengaja lihat pop up berita kalau si-A lagi kena kasus.

Langsung cuzz, buka trend lihat postingan terbaru. Jenis netizen ini terkadang suka melihat orang lain kena masalah.

Karena masalah orang lain itu bisa memicu gairah dan membanjirkan dopamin dalam otak.

Netizen ini sebenarnya tidak menyerang, B aja. Hanya ingin lihat, mungkin kronologi lengkapnya, komentar orang tentang sebuah kasus, atau hal-hal yang lagi viral.

Ketika nggak ada yang menarik, ya nggak pernah buka twitter. Mungkin buka Cuma scroll trend terbaru, terus ditutup lagi.

Netizen Pencari Ilmu

Tidak dapat dipungkiri, jika di twitter banyak sekali akun yang berisi tweet tentang pendidikan, motivasi sukses, pelajaran, dan lain-lain. Ada banyak banget ilmu di dalam twitter.

Nah, ada lho orang yang buka twitter hanya ingin cari ilmu pengetahuan. Jadi, ketika buka twitter dia hanya ingin baca, baca, baca, nonton hal-hal yang positif agar ilmunya bertambah.

Namun, jenis netizen ini tentu sangat minim. Kebanyakan ya, “Nyari ilmu iya, lihat tontonan nggak guna juga iya..”

Netizen Fans Berat

Saya melihat sering banget hal-hal yang berbau Korea trending di twitter. Skala nasional maupun internasional. Kenapa bisa gitu?

Karena banyak banget fans korea yang memegang twitter untuk menunjukkan eksistensi mereka. Ketika ada hal yang perlu dipopulerkan, mereka langsung upload apapun, terpenting ada hastag ‘yang berbau korea’.

Tidak hanya korea, artis, selebriti, ormas, bahkan makanan pun punya fans sendiri. Mereka menggurita di dalam twitter menciptakan kekuatan dukungan menyuarakan apa yang mereka sukai.

Netizen Tukang Promosi

Ada nih, netizen yang suka upload produk dengan hastag yang nggak nyambung dengan isinya. Netizen jenis ini, suka banget banyakin hastag biar produknya menjangkau banyak netizen lain. (Ya, namanya aja strategi social media marketing).

Netizen jenis ini sering kali mengganggu, memanfaatkan momen untuk mempromosikan sesuatu yang pada dasarnya nggak nyambung dengan trend-nya.

Misal, yang lagi ngetrend artis kena kasus. Eh ada netizen yang upload gambar masker kecantikan dengan hastag “Open Vcs” atau “nama artis”

Nggak masalah sih, sah-sah saja, dan hak-hak dia juga. Dia juga punya akun kok…

Netizen Julid

Ini ni, netizen khas dari Twitter. Karena basisnya twitter adalah teks atau tulisan, maka banyak banget netizen julid yang sukanya ngomentarin hal-hal apapun.

Nggak ada angin nggak ada hujan, tiba-tiba dia mengemukakan pendapat. Pendapat ataupun nggak ngawur, seringkali diberi gaya perspektif berbeda sehingga menarik untuk dibaca.

Nada tweet dari netizen julid ini seperti ‘ingin komentar akan masalah orang lain’. Terkesan seperti skeptis dan”ikut-ikutan aja”

Banyak banget, model netizen yang kek gini… Termasuk kamu mungkin.

Netizen Buzzer

Pernah nggak lihat sesuatu yang sepele dan gak guna, tapi trending di twitter. Nah, itu adalah ciri-ciri buatan buzzer.

Di era ini, istilah buzzer identik banget dengan pengalihan isu politik. Misal, ada si-A yang populer dan bercitra baik, kena masalah. Nah, agar nama dia baik, tentu media nggak boleh nyorot ke dia.

Makanya ada sekelompok orang (baca: buzzer) yang memegang skenario untuk memviralkan sesuatu (mengadu domba, membahas isu hot, dan menggoreng isu) agar orang-orang fokus ke situ.

Netizen twitter jenis ini sering kali punya akun banyak, followernya nggak jelas, namun memiliki koordinasi terstruktur yang dikendalikan. Buzzer ini juga salah satu strategi digital marketing.

Ciptakan isu – buat solusi – jual produk

***

Nah, mungkin itu aja dulu 7 jenis netizen twitter yang harus kamu tahu. Keberadaan mereka membuat twitter semakin asyik. Jadi, tidak perlu salah menyalahkan. Jadi, kamu termasuk jenis netizen yang mana nich?

Memang, twitter mengandung banyak keburukan, tapi tetep banyak konten positif yang recomended untuk dilihat.

Arya Hudaraja
Arya Hudaraja Aku tidak tahu apa-apa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *