Arya Hudaraja Aku tidak tahu apa-apa

Persiapan Sebelum Kuliah, Mahasiswa Baru Harus Tahu!

3 min read

tips sebelum kuliah

Banyak calon mahasiswa memandang jika kuliah adalah proses belajar yang enak dan sangat diidam-idamkan. Padahal, kuliah bisa jadi jauh lebih menekan ketimbang sekolah. Maka dari itu, sebagai calon mahasiswa, kamu harus persiapan sebelum kuliah.

Jangan sampai, ketika kamu masuk kuliah merasa kaget. Karena jujur saja, sistem yang ada di dalam dunia perkuliahan sangatlah berbeda dengan sistem pembelajaran sekolah pada umumnya. Maka dari itu, harus memiliki bekal sebelum kuliah.

Bekal Persiapan Kuliah yang Harus Diketahui Mahasiswa Baru

Di bawah ini, kami akan menjelaskan beberapa persiapan sebelum kuliah yang harus dipahami oleh mahasiswa baru. Sehingga, kamu bisa lebih siap menghadapi dunia baru di kampus yang kamu tempati.

1. Pahami Sistem Pembelajaran

Jika kamu mengenal jam pelajaran di sekolah, maka hal tersebut akan berbeda di dunia kuliah. Anda akan dikenalkan dengan SKS (Sistem Kredit Semester). Dimana, SKS ini harus ditempuh per semester hingga lulus.

SKS adalah sistem yang menggantikan jam pelajaran. Karena SKS ini waktunya tidak terjadwal seperti di sekolah. Memang sih, ada beberapa yang terjadwal, namun kebanyakan sesuai dengan dosen pengampu mata kuliahnya.

Pada dasarnya, Sistem SKS ini bisa Anda pahami ketika Anda sudah benar-benar mengalami perkuliahan. Ada beberapa hal dalam proses pembelajaran di kampus yang perlu dipahami oleh mahasiswa baru, diantaranya adalah:

  • Dosen sangatlah berbeda dengan guru sekolah
  • Mahasiswa (secara mutlak) dituntut aktif dalam proses pembelajaran
  • Sistem penilaian akan jauh lebih kejam, maka harus survive
  • Jangan kudet informasi dan teknologi ketika kuliah
  • Tugas akan lebih banyak dan menumpuk

Satu hal yang harus ditekankan dalam benak kamu sebagai mahasiswa baru adalah, “Kuliah tidak sesantai apa yang kamu bayangkan. Tergantung apa jurusan yang kamu pilih, kamu pasti akan mendapatkan beban yang lebih keras daripada di sekolah.”

2. Siapkan Mental, Jiwa, dan Raga

Sesuatu hal yang harus kamu siapkan sebelum kuliah selanjutnya adalah mental, jiwa, dan raga. Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, kuliah tidaklah seindah apa yang dibayangkan oleh anak SMA.

Kami tidak ingin menakut-nakuti, hanya hal tersebut memang sebuah realita yang terjadi. Kuliah akan sangat kejam, jika kamu tidak pandai memanajemen waktu. Karena semua tugas yang harus Anda selesaikan bisa saja menumpuk.

Maka dari itu, siapkan mental ketika ditegur dosen atau bersaing dengan mahasiswa lain. Pastikan jiwamu selalu sehat, agar otak tetap bisa berpikir untuk mengerjakan beban tugas yang diberikan oleh dosen dan asistennya.

Tidak luput pula, siapkan kesehatan tubuh kamu. Jangan sampai sakit karena terlalu sering begadang. Semau kesehatan tersebut sangatlah penting agar Anda bisa berkuliah dengan lancar dan tentunya selesai tepat waktu.

3.   Belajar Manajemen Waktu

Hal yang harus kamu siapkan selanjutnya adalah belajar manajemen waktu. Hal ini sangat penting, karena tugas akan banyak kamu dapatkan. Jika kamu tidak bisa mengatur waktu, maka semua akan kocar-kacir dan akhirnya bisa bikin stress.

Manajemen waktu ini adalah perihal kedisiplinan. Semakin kamu disiplin, maka semakin mudah bagi kamu untuk menyelesaikan studi di dalam kuliah. Maka dari itu, mulai dari SMA, kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik.

Beberapa kebiasaan yang mungkin perlu Anda terapkan mulai awal sebelum masuk dunia kuliah adalah:

  • Istirahat yang cukup dan bangun di pagi hari
  • Melawan malas untuk membaca dan mengerjakan tugas
  • Menyisihkan sedikit waktu untuk belajar setiap hari
  • Jangan biasakan rebahan melihat smartphone
  • Aktif kegiatan ekstra maupun intra sekolah

Intinya, jika kamu dari SMA saja sudah malas, maka ketika kamu kuliah, rasa malas itu pasti akan semakin menjadi-jadi. Sehingga, jangan pernah biasakan hal tersebut. Gunakan waktu Anda baik-baik dan hitung efektivitas waktu yang kamu miliki selama satu hari.

Mulailah belajar untuk membuat jadwal sehari-hari. Semua harus ditulis dan dilakukan dengan disiplin. Hal tersebut akan sangat membantu kamu untuk menghadapi perbedaan atmosfer dunia sekolah dan kuliah.

4. Tempat Tinggal yang Cocok

Rata-rata, masuk ke perguruan tinggi impian itu harus jauh dari rumah. Karena anak SMA itu inginnya keluar rumah dan menjalani kehidupan bebas di luar sana. Maka dari itu, ketika kamu masuk di kampus yang jauh dari rumah, pastikan sudah dapat kost atau kontrakan.

Beberapa hal yang harus kamu pikirkan ketika mencari tempat tinggal di sekitar kampus adalah:

  • Mobilitas kendaraan dan akses tempat tinggal dengan kampus
  • Biaya kost atau kontrakan per bulannya
  • Fasilitas kos atau kontrakan yang diberikan
  • Jarak kos atau kontrakan dengan tempat makan atau toko
  • Lingkungan di sekitar apakah mendukung proses belajar kamu
  • Teman-teman kos atau kontrakan juga jangan dilupakan

Enam hal di atas sangatlah penting untuk dipikirkan sebelum kamu benar-benar memastikan tempat tinggal kamu. Karena jika kamu tidak pintar-pintar memilih, kamu bisa jadi tidak merasa nyaman dan akhirnya ingin pindah kost atau kontrakan.

Mencari lingkungan yang baik adalah bekal utama memulai belajar di kampus. Jika kamu sudah tidak nyaman di kos, maka kamu tidak akan bisa fokus belajar seperti di rumah. Pastikan memilih tempat yang nyaman agar kamu bisa lebih cepat adaptasi di kampus.

5. Uang yang Cukup

Persiapan sebelum kuliah yang harus kamu pikirkan adalah uang. Uang seringkali dilupakan ketika seseorang hendak memulai kuliah. Karena dianggap, awal perkuliahan akan santai dan tidak terlalu mengeluarkan uang.

Hal itu sangatlah salah. Karena ketika kamu menginjak pada masa orientasi, kamu akan membutuhkan banyak biasa. Harus beli ini dan itu. Belum lagi print tugas kuliah dan tentunya membeli buku.

Keluar dari uang pokok untuk makan dan bayar kos, kamu harus menyiapkan dana darurat untuk kebutuhan yang mendadak. Hal tersebut sangatlah penting, agar kamu bisa fokus kuliah dengan tenang tanpa memikirkan uang.

Banyak mahasiswa yang meremehkan masalah ini. Menganggap awal perkuliahan itu tidak membutuhkan biaya dan banyak. Padahal justru sebaliknya, awal kuliah dan akhir kuliah adalah masalah paling membutuhkan uang.

Maka dari itu, ketika masih SMA, kamu harus lebih sering menabung dan mengumpulkan uang. Karena selain mempersiapkan ujian, uang sangatlah perlu untuk kebutuhan ketika kuliah di kampus barumu.

Jangan sampai, kamu harus mengutang ke sana sini karena belum siap materi untuk kuliah. Hal tersebut akan sangat tidak menyenangkan, apalagi jika kamu harus meminjam uang pada teman kuliah yang baru kamu kenal.

Penutup

Sebagai mahasiswa baru, kamu harus melupakan bayangan kuliah yang santai dan menyenangkan. Karena kuliah tidak sesantai apa yang kamu pikirkan. Maka dari itu, persiapan sebelum kuliah sangatlah penting dilakukan.

Bagaimanapun, persiapan sebelum kuliah adalah bekal utama agar kamu tidak terlalu kaget ketika hidup di lingkungan baru. Sehingga, kamu jauh lebih cepat beradaptasi dan mulai mencari circle pertemanan baru.

 

Arya Hudaraja Aku tidak tahu apa-apa

One Reply to “Persiapan Sebelum Kuliah, Mahasiswa Baru Harus Tahu!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *