Arya Hudaraja Aku tidak tahu apa-apa

Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri untuk Mahasiswa Indonesia

3 min read

Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Kuliah di luar negeri bagi sebagain orang adalah sebuah impian yang hebat. Namun banyak dari mereka yang bermasalah pada hal pembiayaan. Maka dari itu, beasiswa adalah solusinya. Kali ini, kami akan menyampaikan beberapa tips mendapatkan beasiswa luar negeri untuk mahasiswa Indonesia.

Tips-tips yang kami berikan ini adalah rahasia umum yang harus Anda ketahui. Jika Anda sudah tahu dan paham semua tips-tipsnya, kami jamin Anda pasti bisa sukses mendapatkan beasiswa luar negeri.

Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri Paling Efektif

Ada beragam syarat yang harus Anda penuhi untuk mendapatkan beasiswa. Syarat-syarat tersebut tidak hanya harus Anda pahami, akan tetapi juga harus  Anda penuhi. Jika sampai kurang satu syarat saja, kami yakin Anda tidak akan bisa dapat beasiswa luar negeri.

Langsung saja, tidak perlu berlama-lama, inilah beberapa tips cara mendapatkan beasiswa luar negeri yang paling efektif dan wajib Anda lakukan.

Cari Informasi Sedini Mungkin

Tips yang pertama mendaptkan beasiswa luar negeri adalah update informasi. Hal ini wajib Anda lakukan karena informasi adalah segalanya. Tanpa informasi, Anda tidak akan bisa mengakses apapun dari pendaftaran beasiswa.

Jika Anda ketinggalan informasi sekecil apapun, Anda pasti akan kesulitan mendaftar. Maka dari itu, lakukan beberapa tips berikut, agar Anda tidak ketinggalan informasi beasiswa yang ingin Anda dapatkan.

  • Update Informasi Lewat Internet setiap hari
  • Berlangganan informasi update beasiswa luar negeri
  • Mengenali sumber beasiswa yang ditawarkan
  • List beberapa platform penyedia beasiswa luar negeri
  • Jangan pernah bosan untuk membaca berita beasiswa

Beberapa hal di atas benar-benar harus Anda lakukan. Karena jika Anda ketinggalan informasi, tentu Anda tidak akan bisa lancar mendaftarkan diri Anda pada beasiswa yang tersedia. Mengingat juga, persyaratan beasiswa itu banyak dan harus tepat waktu.

Pelajari Bahasa Internasional

Tips yang kedua adalah mempelajari bahasa internasional, yakni Bahasa Inggris. Hal ini penting sekali karena jika Anda kuliah ke luar negeri, maka Anda harus bisa berbahasa Inggris dengan lancar.

Selain itu, ketika tes maupun wawancara, Anda pasti akan diberikan pertanyaan dengan bahasa Negara terkait, tentuya kemampuan Bahasa Inggris Anda juga pasti akan diuji. Maka dari itu, pastikan persiapkan baik-baik kemampuan bahasa internasional Anda.

  • Anda bisa mengikuti les bahasa jauh-jauh hari
  • Belajar bahasa Internasional di beberapa platform online
  • Jika tidak, belajarlah secara otodidak untuk menghemat biaya
  • Berlatihlah dengan orang asing secara sungguh-sungguh
  • Manfaatkan platfom online gratis untuk mengasah kemampuan bahasa Anda

Semua hal di atas tentunya perlu waktu. Sehingga, persiapan bahasa ini harus Anda lakukan jauh-jauh hari. Jangan sampai dadakan, karena bahasa mustahil bisa dicapai dengan jarak waktu yang cepat.

Setelah bisa menguasai bahasa asing, Anda bisa segera tes Toefl atau Ielts. Sesuaikan dengan persyaratan yang diperlukan dalam melamar beasiswa yang Anda inginkan. Dokumen kemampuan bahasa tersebut, sangatlah penting untuk pendaftaran.

Buat Motivasion Latter yang Menarik

Tips ketiga adalah masalah yang serius. Ketika Anda ingin dapat beasiswa dari luar negeri, pastikan Anda bisa membuat motivasion letter. Berkas ini adalah bentuk motivasi Anda yang dituangkan dalam bentuk tulisan.

Pemberi beasiswa tentu saja tidak mau menerima calon yang memiliki motivasi yang biasa-bisa. Maka dari itu, pastikan Anda membuat motivasional letter dengan sudut pandang yang berbeda. hal tersebut memang tidak mudah, maka dari itu harus dipelajari.

Banyak sekali tutorial di Internet yang bisa Anda coba. Membuat motivasional letter yang menarik memang perlu banyak latihan, maka dari itu, pastikan Anda terus membaca dan mencoba membuat motivasion letter.

Pelajari mana Motivasion Letter yang diterima dan yang ditolak. Tujuannya, agar Anda bisa membedakan dan mempelajari mana kalimat yang tidak tepat. Sehingga, akhirnya Anda bisa membuat motivasion letter dengan baik dan benar.

Pilih Negara yang Minim Pelamar

Tips selanjutnya adalah memilih negara tujuan Anda. Jika Anda memilih negara meanstream, maka kemungkinan Anda terima akan kecil. Karena ada banyak saingan yang ingin mendapatkan kursi beasiswa luar negeri juga.

Maka dari itu, Anda boleh mencari tujuan studi pada negara yang minim pelamar. Sehingga, kompetitornya sedikit dan akhirnya Anda bisa masuk dengan mudah. Memilih negara tujuan studi adalah rahasia mudah diterima beasiswa luar negeri.

Maka dari itu, pastikan pikirkan baik-baik masalah ini dari awal. Jika Anda berminat untuk kuliah di luar negeri dengan beasiswa, pastikan memilih negara yang minim saingan. Dengan begitu, Anda akan jauh lebih mudah mendapatkan beasiswa studi di negara tersebut.

Lantas, bagaimana cara mencari negara yang minim kompetitor? Caranya tidaklah sulit. Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Carilah negara-negara tujuan studi paling populer di Google
  • Bertanyalah pada orang yang berpengalaman dapat beasiswa
  • Jangan malu bertanya pada mahasiswa luar negeri asal Indonesia yang dapat beasiswa

Tips-tips di atas pastikan Anda lakukan terlabih dahulu. Baru setelah itu, Anda boleh menentukan negara tujuan Anda studi di luar negeri. Namun tetap ingat, meski harus memilih negara yang minim kompetitior, pastikan tetap memilih pada jurusan yang tepat.

Rajin Ikut Seminar Beasiswa Luar Negeri

Tips yang terakhir adalah mengikuti seminar beasiswa. Karena dengan mengikuti beasiswa, Anda akan mendapatkan banyak hal. Mulai dari ilmu yang bermanfaat, relasi, dan tentunya pengalaman dari orang lain.

Hal tersebut sangatlah penting untuk bekal Anda mendapatkan beasiswa luar negeri. Di zaman ini, sudah sangat banyak seminar-seminar cara mendapatkan beasiswa luar negeri. Cari yang gratis-gratis saja, ikuti dengan serius dan carilah mentor kalau perlu.

Seringkali, banyak orang yang menyepelekan seminar. Sehingga hanya hadir dan ikut saja. Hal tersebut sangatlah rugi. Karena banyak sekali ilmu yang bisa Anda dapat ketika seminar. Maka dari itu, pastikan memperhatikan pemateri ketika menghadiri seminar beasiswa luar negeri.

Jika Anda tidak menemukan seminar beasiswa, Anda bisa mencarinya via internet. Pasti Anda akan menemukan banyak seminar beasiswa luar negeri. Di era pandemi ini, Anda bisa mengikuti seminar hanya lewat platfom online saja. Maka dari itu, maksimalkan kesempatan ini.

Penutup dan Kesimpulan

Beberapa tips mendapatkan beasiswa luar negeri di atas tentunya bisa segera Anda terapkan. Intinya, semua hal harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Pelajari jenis beasiswa yang ingin Anda lamar, setelah itu lengkapi berkas yang dibutuhkan.

Kesabaran dan ketelatenan dalam menggapai beasiswa luar negeri sangatlah penting. Maka dari itu, jangan pernah menyarah. Apalagi ketika Anda melamar dan ternyata Anda dinyatakan gagal. Hal tersebut adalah sebuah hal yang lumrah, Anda perlu mencobanya kembali.

Semoga informasi mengenai tips mendapatkan beasiswa luar negeri di untuk mahasiswa Indonesia di atas bisa bermanfaat. Jika Anda sudah melaksanakan semua tips di atas, tetap jangan lupakan terus berdoa agar mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Arya Hudaraja Aku tidak tahu apa-apa

One Reply to “Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri untuk Mahasiswa Indonesia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *